CAFE JOGJA UNIK & FAMILY FRIENDLY: BOERDJO RAKYAT

Monday, November 26, 2018

Kalau ditanya soal tempat nongkrong favorit di Jogja, aku bakal jawab salah satunya adalah warung burjo (singkatan dari: bubur kacang ijo). Sebagai kota pelajar, Jogja banyak dihuni mahasiswa dan pelajar yang datang dari berbagai penjuru Indonesia. Mengapa warung burjo alias burjoan cukup populer di Jogja? karena rasanya yang lumayan, cukup mengenyangkan, pilihannya banyak, dan tentunya harga bersahabat dengan kantong.
(Bagi yang pengen dapet foto seperti di postingan aku ini, cek di bagian paling akhir post).


Jaman sekarang, kebutuhan mahasiswa tidak cukup terpenuhi dengan nongkrong di burjoan saja. Banyak yang bergeser ke tempat-tempat seperti kafe dengan fasilitas internet gratis dan suasana nyaman, biasanya untuk berlama-lama mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya. Tentunya sejumlah kafe mematok harga yang cukup mahal. Kalo keseringan, tekor juga dong lama-lama, hehe.

Tapi jangan sedih, karena kali ini aku kasih tau solusinya. Kalau ditanya lagi soal tempat nongkrong favorit, aku bakal jawab, Boerdjo Rakyat (instagram: @boerdjorakyatofficial)! Yes, aku baru nyobain salah satu cafe yang bisa dibilang salah satu hidden gem di Jogja.


LOKASI & JAM BUKA
Boerdjo Rakyat lokasinya di Jl. Seturan No. 15, Yogyakarta, bersebelahan dengan sekolah Budi Mulia Dua, which is lokasi yang sangat strategis berdekatan dengan beberapa kampus, di pinggir jalan utama, parkirnya aman, bisa motor ataupun mobil. Konsepnya kafe, tapi menyajikan berbagai pilihan menu yang beragam ala burjoan dengan harga merakyat. Tambah satu lagi deh referensi kafe Jogja yang wajib dikunjungi.
Buka Selasa-Minggu mulai pukul 6:30 pagi - 22:00 malam. Kalau kemarin, aku kesini sore sekitar pukul 15:00. Pertama kesini pas ketemu langsung sama ownernya yaitu mba Tasniem Rais, dan aku dijelaskan banyak tentang usaha beliau ini. Sukaaa dong sama konsepnya, 'FOOD, MOOD, and BOOKS' cool! 


AREA INDOOR
Untuk area indoor, seketika masuk kita bisa langsung lihat rak dan meja yang berisi berbagai macam buku mulai dari pengetahuan hingga novel. Suasana interiornya bertema rustic dengan detail bata ekspos dan kayu. First impression aku untuk suasana di dalam, adem dan cozy banget!
Berikut sudut lain dari Boerdjo Rakyat yang lagi-lagi terdapat buku-buku yang bisa dipinjam gratis oleh pengunjung selama disana. Selain itu, koleksi buku-bukunya selalu up to date!


HARGA dan MENU MAKANAN - MINUMAN
Aku datang kesini bareng para cewe kami pesan menu-menu junjungannya mulai dari makanan, minuman, sampai desserts. Harganya? jangan sedih, minuman yang ada di Boerdjo Rakyat mulai harga IDR 7K dan makanan 15K!
Paling suka karena kafe ini menunya Indonesia banget, jadi terasa kenyang di perut, maklum ya perut lokal. Jangan heran kalau makanan disini gurihnya beda, soalnya semua masakannya tanpa MSG, bergizi, higienis, jadi bisa dibilang jajan sehat, stop yaa jajan sembarangan. 


Kami pesan Soto Ayam, Nasi Ayam Geprek, Nasi Goreng, Bubur Ayam, plus berbagai macam dessert, cobain Matcha Toast-nya deh, yum!
Selain itu, ada minuman tradisional juga seperti kunyit asem dan jahe, ada juga minuman kekinian seperti flavored iced latte, favorit aku red velvet dan charcoal  oreo frappe latte, wajib coba! 


FASILITAS LENGKAP & FAMILY FRIENDLY
Nah, memang di berbagai sudut Boerdjo Rakyat nyaman banget loh, sampe kamar mandinya juga bersih banget, fotoable, dan banyak parfum-parfumnya gitu. Di bawah ini salah satu corner yang bisa digunakan bagi yang membawa gadget karena disediakan plug dan FREE WiFi. Bagi yg mau shalat, ada mushola dengan mukena bersih di area Budi Mulia Dua juga.
Selain buku-buku, tersedia juga mainan edukatif untuk anak-anak sehingga sangat family friendly dan tidak ada alasan untuk bosan disini. Kurang lengkap gimana lagi coba?


AREA OUTDOOR
Area outdoornya lebih bernuansa minimalis dan kombinasi rustic dari bangunan utama. Area ini pas banget buat yang suka OOTD dan para aesthetic lovers. Karena di luar lightingnya cocok banget untuk foto-foto, dan dekorasinya simpel. Bagi yang ingin duduk-duduk saja, suasana bakal sejuk karena rindang di bawah pohon.
Aku bonusin foto lagi ya, hahah. Sayang banget soalnya kalau foto-foto kemarin gak aku tunjukkan ke kalian, ini cuma sebagian aja, harap bersabar soalnya banyak! hihi. Semoga bisa jadi referensi foto kalian juga kalau datang kesini.
(Cek bagian paling akhir postingan kalau pengen dapat foto seperti di postingan aku ini!)


Nah, kalau aku simpulkan nilai plus dan minus dari Boerdjo Rakyat, kurang lebih seperti berikut;

PLUS;
  1. Lokasinya strategis di pusat area mahasiswa, di pinggir jalan utama.
  2. Pukul 6:30 pagi sudah buka, cocok untuk sarapan cantik!
  3. Menunya ada both Indonesia dan kekinian, banyak pilihan, tanpa MSG.
  4. Harga terjangkau banget, food mulai dari 7K, beverage mulai dari 15K.
  5. Tempatnya cozy, interiornya asik, kamar mandi bersih, AC nya adem.
  6. FREE WiFi, bisa plug device. 
  7. Tersedia buku-buku yang update setiap bulannya yang bisa dipinjam gratis selama disana.
  8. Family friendly, sayang anak, karena disediakan mainan edukatif juga! 
MINUS;
  1. Tempatnya perlu diperluas, apalagi kalau semakin rame. Semoga makin berkembang jadi lebih besar lagi, Amiin.


Sesusah itu nyari minusnya, memang fasilitasnya lengkap and I have no complain. Boerdjo Rakyat sesuai namanya menurut aku emang versi upgrade-nya burjoan sih. Dengan ciri khas yang sama, yaitu banyak variasi menu dengan harga terjangkau, tapi dikemas berupa cafe. Semoga semakin rame, berkembang, dan semakin luas deh areanya, amiin.
It was such a nice time, ngobrol seru diakhiri foto bersama, ya gitu semakin sore semakin banyak anggotanya. Jangan lupa untuk mampir ke Boerdjo Rakyat, sekali lagi aku kasih tau alamatnya di Jl. Seturan, No. 15 (Sebelah Sekolah Budi Mulia Dua persis) atau langsung cek maps yaa.
Semoga post kali ini bermanfaat dan jadi wawasan baru buat kalian. Enjoy the last photo yang masih ada lagi sampai bawah, hihi. Thankyou for reading!

Love,
Lia.


Photos are taken around 4.00 p.m.

Cred to: Memories Pictures
Instagram

You Might Also Like

0 sweetness

Leave your thoughts below.

Like us on Facebook

Flickr Images